Rabu, 02 Februari 2011

ISOLA - THE BEAUTIFUL ART DECO BUILDING

oleh: Kendid Syahid
Manajemen Pemasaran Pariwisata 2010

Terletak di kawasan sejuk Setiabudhi Bandung, gedung karya arsitek terkenal C.P. Wolff Schoemaker, seorang arsitek kenamaan yang mengusung gaya art deco, dimana gaya art deco merupakan suatu penggambaran dari puncak modernitas pada masanya sekitar tahun 1930an. Gedung yang dalam proses pembuatannya tergolong sangat cepat yaitu dari Oktober 1932 hingga Maret 1933 ini berdiri megah hingga sekarang. Dibangun diatas lahan yang dahulu merupakan hamparan sawah yang luas yang kini menjadi kawasan Universitas Pendidikan Indonesia, Dominique Willem Berretty, pemilik dan orang yang memberikan ide berdirinya bangunan indah ini menamainya sebagai Villa Isola atau villa tempat pengasingan. Seiring dengan perkembangan waktu, singkatnya Isola kemudian menjadi salah satu bangunan yang kepemilikannya dipegang oleh Universitas Pendidikan Indonesia dan menjadi ikon Universitas Pendidikan Indonesia sekarang.
Voice of Isola Heritage, event yang digagas oleh Bapak Bowo selaku dosen program studi manajemen pemasaran pariwisata di Universitas Pendidikan Indonesia yang kemudian dilaksanakan oleh mahasiswa manajemen pemasaran pariwisata angkatan 2009 sebagai bentuk pembelajaran wisata edukasi bagi mahasiswa manajemen pemasaran periwisata 2009 khusunya angkatan 2010 dilaksanakan untuk mengenalkan lebih dalam tentang warisan sejarah yang sangat indah ini. Disamping itu, voice of isola heritage memberikan pengetahuan tentang latar belakang dan sejarah berdirinya gedung kebanggaan mahasiswa dan seluruh keluarga besar Universitas Pendidikan Indonesia ini yang kemudian isola berganti nama menjadi Bumi Siliwangi.
Dari luar gedung yang masih berdiri kokoh dengan gaya bangunan melingkar mirip kapal pesiar apabila terlihat dari atas ini tampak megah. Dilapisi cat putih bersih membuat gedung isola tampak elegan, indah dan menyimpan berjuta cerita menarik didalamnya. Sungguh sebuah symbol modernitas dan idealisme yang masih terasa hingga kini. Disekitar bangunan, ada “taman cinta” yang begitu sejuk terhampar jelas dan menambah kesempurnaan sebuah mahakarya yang mempunyai nilai sejarah tinggi ini. Ketika memasuki satu demi satu setiap ruangan, ada sebuah getaran hebat yang saya rasakan. Ketakjuban, kebanggan, rasa kagum dan berbagai perasaan lainnya yang semuanya menjadi satu. Sungguh, sebuah warisan yang sepatutnya disejajarkan dengan bangunan-bangunan hebat di belahan dunia lainnya. Isola menceritakan dengan sendirinya apa yang saya tidak ketahui, sadari, bayangkan dan rasakan lewat setiap lekukan bangunannya yang tidak sembarangan dibentuk. Semuanya diperhatikan dengan seksama. Penggambaran ketegasan suatu idealisme yang sempurna tanpa sedikitpun meninggalkan nilai-nilai seni yang justru sangat dijunjung tinggi pada setiap lekukan gedung ini. Isola adalah perpaduan sejarah, seni arsitektur bangunan, dan aset warisan sempurna yang kita miliki saat ini.
Isola- the beautiful art deco building, mungkin layak disebut the greatest beautifully art deco style building sangat cocok sebagai penggambaran gedung yang menyimpan banyak misteri, rahasia dan cerita didalamnya. Isola merupakan salah satu bangunan dan warisan bersejarah yang bukan hanya milik Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung atau Jawa Barat melainkan milik semua orang yang mau menjaga, merawat, melestarikan, dan tentunya bagi orang-orang yang menghargai akan keindahan suatu seni dan sejarah. Gedung isola mempunyai daya tariknya tersendiri, ini menjadi salah satu alasan kuat bagi saya sebagai mahasiswa manajemen pemasaran pariwisara, sebagai insan pariwisara, untuk dapat mengembangkan gedung yang kini menjadi gedung rektor dan stafnya ini. Daya tariknya mampu menarik perhatian orang dengan alami lewat keindahan yang dipancarkannya sehingga mampu mendatangkan wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk melihat keindahan gedung isola lebih dekat. Hal ini tentunya akan menjadi suatu langkah baru yang setingkat lebih baik atas pencapaian suatu fungsi dan tujuan diadakannya event ini. Apabila tercapainya hal di atas dapat pula menambah khasanah warisan budaya dan sejarah bangunan kota Bandung serta mengenalkan Bandung khusunya Universitas Pendidikan Indonesia pada masyarakat luas. Hal tersebut dapat tercapai tentunya dengan suatu usaha dan penanganan yang serius dari pihak-pihak terkait unuk dapat melihat potensi dari bangunan yang tidak sepatutnya hanya berdiri tegak dan tertulis dalam sejarah saja tanpa adanya suatu aktivitas berarti di dalamnya.
Acara Voice of Isola Heritage memberikan banyak sekali manfaat bagi saya secara pribadi. Selain dapat mengetahui tentang sejarah berdirinya gedung isola, seni art deco yang begitu kental ada di setiap sudut ruangan, lekukan gedung hingga luar dan taman memberikan inspirasi yang sangat berguna. Suasana kebersamaan yang tercipta mengalir dengan alami antara para mahasiswa manajemen pemasaran periwisata, para dosen dan angakatan atas serta berbagai permainan dengan adanya door prize menjadikan acara ini bukan hanya suatu wisata edukasi yang kemudian terlupakan dan hilang saat berakhirnya acara ini. Voice of Isola Heritage memberikan inspirasi dan pengalaman hebat untuk saya. Sebuah mahakarya dengan citarasa seni yang begitu tinggi dan inspirator. Ada idealisme dan ketegasan karakter di dalamnya, penggabungan konsep yang sempurna dan kecerdasan sang arsitek untuk menggerakan tangan kreatifnya hingga terciptanya suatu karya yang dapat dikenang hingga akhir masa.
Acara voice of isola heritage adalah awal dari sebuah proses pencitraan pengenalan kembali gedung isola yang sempat menjadi ikon kota Bandung pada masa awal pembuatannya. Sebuah langkah awal baik yang diharapkan dapat menggugah rasa apresiasi dari berbagai pihak. Keindahan dan berjuta kesan serta cerita di dalamnya semoga dapat memberikan inspirasi dan edukasi terbaik bagi kebanyakan orang setelah saya dan rekan-rekan yang lainnya yang secara khusus sempat menyusuri keindahan setiap lekukan dan ruang yang sakral dengan rasa takjub dan bangga. Selamat untuk kesuksesan acara ini !

inilah beberapa gambar bangunan bersejarah ISOLA
bangunan ISOLA tempo dulu

ISOLA

salah satu sudut ISOLA
taman ISOLA
patung yang terdapat di taman ISOLA



SEBUAH TESTIMONIAL ACARA VOICE OF ISOLA MAHASISWA MANAJEMEN PEMASARAN PARIWISATA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA ANGKATAN 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar